twitter


1. Allport
ia membedakan antara pendekatan idiografis,yang menekankan pada individu serta variabilitas atau keunikannya,dan pandangan nomotetik,yang menekankan pada kelompok dan meminimalkan perbedaan individual.Sifat dalam teori allport adalah struktur mental yang berperan dalam konstitensi perilaku individu.Dalam teori kepribadian allport,niat berperan dalam proses pertumbuhan berkelanjutan menuju kemenjadian . Niat memberikan keutuhan bagi ego yang menghasilkan perkembangan upaya pribadi,rasa individualitas,dan pencapaian pengetahuan diri .
2. Maslow
Pandangan maslow didasarkan kepada kerangka motivasional yang berisi suatu hirarki kebutuhan , dari tingkat biologis primitif hingga ke pengalaman kesejatian manusia.Proses pertumbuhan pribadi sepanjang rentang kehidupan melalui pemuasan kebutuhan progresif disebut sebagai 'aktualisasi diri ' oleh maslow.Hasil semestinya dari aktualisasi diri adalah kepribadian harmonis,talenta individu yang termanfaatkan sepenuhnya,kemampuan intelektual,dan kesadaran diri .
3. Roger
Pandangan-pandangan roger tentang kepribadian pada dasarnya bersifat fenomenologis dalam arti ia memfokuskan pada diri yang menjalani pengalaman. Individu dianggap eksis pada awalnya.sebagai bagian dari bidang fenomenal pengalaman,dan struktur konseptual diri harus dibedakan dari seluruh bidang tersebut melalui diperolehnya pengetahuan diri . Maka kemudian,diri berisi konsep-konsep terorganisasi dan konsisten yang didasarkan pada persepsi atas karakteristik 'saya' sebagai subye atau obyek dan persepsi atas hubungan ' saya ' dengan orang lain . Setelah struktur konseptual diri diketahui dan diterima,individu sepenuhnya bebas dari ketegangan dan kecemasan internal .

0 komentar:

Posting Komentar